Friday, August 26, 2011

Mudik Jalur Laut
Puncak arus mudik dengan menggunakan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta terjadi pada, Jum'at (26/8/2011). Menurut Manajer Terminal Penumpang Nusantara Pura Suswibowo mengatakan penumpang yang telah diberangkatkan mencapai 10.000 orang atau naik 10 kali lipat dibanding hari biasa. ribuan penumpang ini didominasi oleh penumpang dengan tujuan kota di Indonesia Tengah dan Indonesia Timur. Mereka memilih menggunakan tranportasi laut karena jauh lebih murah yang hanya Rp 575.000 untuk tujuan Ambon dibandingkan dengan harga tiket pesawat udara yang bisa mencapai jutaan rupiah.

Mereka rela berdesak-desakan untuk bisa masuk dan terangkut dikapal KM Lembalu tujuan Tanjung Priok-Surabaya-Makasar-Baubau-Ambon-Namlea-Bitung-Ternate.Banyak dari mereka yang membawa barang bawaan yang banyak mulai dari Pakaian, kasur, televisi bahkan hingga kulkas. Banyak barang bawaan elektronik ini dibawa kekampung halaman sebagai buah tangan hasil bekerja selama di Jakarta, Seperti yang dikatakan Amru pemudik tujuan Ambon "Saya bawa televisi ini sebagai buah hasil kerja selama di Jakarta".

Jumlah penumpang kapal laut tahun ini diprediksi naik sebesar dua persen. Tahun 2010 lalu, jumlah total penumpang kapal laut yang mudik sebanyak 602.395 orang dan tahun 2011 ini diperkirakan naik hingga 614.443 orang.

Foto & Teks Agung Pambudhy










No comments: